PERISAN 10 SEPTEMBER 2011

Posted: September 11, 2011 in blog

Hari ini hari sabtu tanggal 10 September 2011. Hari yang biasanya libur namun diisi dengan acara PERISAN (pengembangan diri dan wawasan) yang dilaksanakan di gedung STIKOM Surabaya. Hari itu kami para mahasiswa baru STIKOM masuk pukul 06.30 WIB menggunakan baju bebas berkerah dan memakai almamater STIKOM Surabaya. Setelah semua berkumpul di lapangan depan, acara PERISAN diawali dengan apel pagi. Awalnya kami semua menyanyikan lagu Kemerdekaan dan lagu Himne STIKOM. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sosialisasi oleh team terbaik saat OKK 2011 kepada para KY lama maupun kepada para KY yang mengikuti OKK susulan agar mereka menjadi team yang lebih baik ke depannya.

Lalu acara berikutnya adalah menuju ruangan yang telah disiapkan. Kelompok saya, kelompok Pascal 2.1, mendapatkan tempat di gedung serba guna bersama beberapa kelompok lainnya. Lalu setelah itu acara PERISAN dimulai. Yan pertama kali memberikan materi adalah Bapak Bambang Hariadi. Beliau menjelaskan tentang materi Motivasi. Menurut presentasi yang beliau tampilkan di depan, motivasi berasal dari kata motif yang artinya dorongan. Pengertian motivasi terdiri dari 2, yang pertama motivasi adalah segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu. Dan perngertian yang kedua adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi ke arah pencapaian tujuan organisasi. Beliau juga menjelaskan tentang kebutuhan manusia dan teori motivasi. Pengertian kebutuhan yang pertama adalah kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu dan pengertian yang kedua adalah keadaan internal yang menyebabkan sesuatu tampak lebih menarik. Menurut teori Maslow, ada 5 tingkatan kebutuhan manusia, antara lain :

1. Physiological               (kebutuhan dasar)

2. Safety                             (keselamatan)

3. Social                             (interaksi)

4. esteem                          (penghargaan)

5. Self-Actualization    (aktualisasi diri)

Menurut Maslow physiological, safety dan social masuk kedalam Lower-Order Needs. Sedangkan esteem dan self-actualization masuk ke dalam High-Lower Needs.

Sedangkan Clayton Alderfer, tingkatan kebutuhan dibagi menjadi tiga atau yang biasa disebut ERG heory, yang berisi :

1. Existence

2. Relatedness

3.  Growth

Sedangkan Douglas McGregor memaparkan teorinya yang membagi manusia menjadi 2 tipe, yaitu :
1. Tipe X : Setiap orang memiliki sikap malas bekerja, menghindari tanggung jawab, harus diperintah terlebih dahulu dan kurang berambisi.

2. Tipe Y : Setiap orang memiliki sikap rajin bekerja, tanggung jawab tinggi, bisa mengambil keputusan dan maju dengan keputusan sendiri.

Sedangkan untuk motivasi berprestasi, David McClelland membagi menjadi 3 hal, yakni :

1. Need for Achievement

2. Need for Affiliation

3. Need for Power

Karena teorinya inilah yang menjadikan Beliau dijuluki sebagai Bapak Motivasi Berprestasi.

Bapak Bambang juga menambahkan dalam penjelasannya bahwa ada beberapa langkah-langkah untuk persiapan dan perubahan sikap kerja, yakni :

1. Bentuk dan sikp dan kebiasaan proaktif

2. Melayani banyak bidang lain

3. Selalu siap berubah

4. Tampil terbaik agar orang lain puas

5. Punya wawasan luas dan minat beragam

6. Team spirit (peduli keterpaduan kerja)

7. Perilaku merefleksi kepribadian

8. Kerja berpikir dan berpikir untuk kerja

9. Work with plan and plan to work

10. Fun-excitement-inspiring-dynamic

Setelah Bapak Bambang Hariadi selesai menjelaskan materinya, kemudian posisinya digantikan dengan Bapak Julianto Lemantara yang menjelaskan tentang kewirausahaan. Tujuan dari pemberian materi ini adalah untuk membangun motivasi dan merubah mindset mahasisiwa.

Menurut beliau, seorang wirausaha adalah orang yang menggeluti usaha tidak ala kadarnya, akan tetapi dengan keberanian, kegigihan, sehingga usahanya tumbuh. Menurut beliau, inti dari kewirausahaan antara lain :

1. Tumbuh

2. Ingatlah hidup kita bukan hanya untuk kaya

3. Kaya adalah akibat, bukan tujuan

4. Kaya yang bermartabat, bukan sekedar kaya, yaitu kaya melalui proses kemandirian (kewirausahaan)

Di dalam penjelasannya, Beliau juga menjelaskan bahwa cara berpikir enterpreneur antara lain :

1. Action oriented

2. Berpikir simpel

3. Selalu mencari peluang baru

4. Mengejar peluang dengan disiplin tinggi

5. Hanya mengambil peluang terbaik

6. Fokus pada eksekusi

7. memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis

Menurut beliau ciri utama enterpreneurship adalah creating, inovating, calculating. Lalu beliau juga menjelaskan bahwa sebagai seorang enterpreneurship kita harus berpikir keatif agar mempu bersaing dengan sehat dan mendapat hasil yang maksimal. Ada beberapa kriteria berpikir kreatif, antara lain :

1. Melihat dengan sudut pandang baru

2. Menemukan hubungan baru

3. Membentuk kombinasi baru

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang beberapa kata-kata bijak dari orang-orang besar. Dan satu kata-kata bijak yang sngat saya ingat adalah kata-kata bijak dari Bruce Lee, yakni :

“Janganlah jadi pohon kaku yang mudah patah. Tapi jadilah pohon bambu yang mampu melengkung meskipun terkena angin kencang.

Dan setelah beliau selesai menyampaikan materinya, lalu ibu ira memberikan informasi terkait PERISAN untuk minggu depan tanggal 17 September 2011. Beliau mengatakan bahwa untuk minggu depan materi PERISAN adalah Cinta Lingkungan. Maksudnya adalah tiap kelompok diberi 1 lokasi dimana lokasi tersebut harus dihias seindah mungkin dengan tanaman-tanaman indah. Dan juga diinformasikan peralatan-peralatan yang wajib dibawa sebagaimana hendak berkebun. Lalu setelah acara selesai, kamipun pulang. Namun untuk ketua kelompok dan maba yang mencalonkan diri untuk menjadi panitia PERISAN seanjutnya, berkumpul di ruang auditorium untuk mendapatkan pengarahan dari panitia-panitia senior.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s