PERISAN 1 Oktober 2011

Posted: October 2, 2011 in blog

Hari ini Sabtu, 1 Oktober 2011, seperti biasa kami mahasiswa baru melakukan acara sabtuan atau dikenal dengan sebutan PERISAN (pengembangan diri dan wawasan). Untuk kali ini, acara sabtuan atau PERISAN diisi dengan acara materi-materi dari narasumber yang terdiri dari materi tentang komunikasi dan materi tentang pengalaman kerja.

Untuk hari ini, panitia dari acara sabtuan adalah KY dari 2 kelompok. Seperti sabtu-sabtu sebelumnya, acara dimulai dengan berdoa kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan lagu Hymne STIKOM. Acara selanjutnya adalah absensi untuk KY-KY yang hadir di acara sabtuan ini. Setelah absensi selesai, kemudian sie. Acara mempersilahkan para ketua kelompok untuk membawa anggota kelompoknya menuju tempat seperti saat acara sabtuan 2 minggu lalu. Terdapat 2 tempat yang digunakan untuk acara sabtuan, yakni ruang serbaguna dan ruang auditorium. Karena terdapat 2 materi, sehingga pematerinya pun juga dirolling. Apabila telah memberikan materi di ruang serbaguna, maka pemateri tersebut akan dirolling dan memberikan materi di ruang auditorium. Tentunya jika pemateri sebelumnya telah selesai memberikan materi.

Materi pertama yang saya dapatkan adalah pengalaman kerja dari Pak Heri. Di dalam slidenya hanya terdapat 4 slide. Dan slidenya tersebut berisi kata-kata bijak dari beberapa orang hebat di dunia ini. Untuk slide pertama, berisi :

“A person who never made a mistake never tried anything new.”

Albert Einstein

Artinya : “Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. ”

Dan slide yang kedua :

“Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do whqt you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking, don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t settle.”

Steve Jobs

Artinya : “Pekerjaan anda akan mengisi sebagian besar hidup anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang anda yakini adalah pekerjaan besar. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang anda lakukan. Jika anda belum menemukannya, teruslah mencari, jangan diam. Seperti dengan semua masalah hati, anda akan tahu bila anda telah menemukannya. Dan, seperti hubungan yang hebat, itu hanya akan lebih baik dan lebih baik sebagai tahun bergulir. Jadi, teruslah mencari sampai anda menemukannya. Jangan diam. ”

Untuk slide yang ketiga berisi :

“Focus and simplicity. Simple can be harder then complex; you have to work hard to get your thinking clean to make it simple. But it’s worth in the end because once you get there, you can move mountains.”

Steven Jobs

Artinya : “Fokus dan kesederhanaan. Sederhana dapat lebih sulit daripada kompleks, anda harus bekerja keras untuk mendapatkan pemikiran bersih anda untuk membuatnya sederhana. Tapi ada baiknya pada akhirnya karena begitua anda sampai di sana, anda dapat memindahkan gunung. ”

Untuk slide yang terakhir berisi :

“Technology is just a tool. In terms of getting the kids working, together, and motivating them, the teacher is the most important.”

Bill Gates

Artinya : “Teknologi hanyalah alat . Dalam hal mendapatkan anak-anak bekerja, bersama, dan memotivasi mereka, guru adalah yang paling penting. ”
Kesimpulannya adalah kita harus mencintai apa yang kita lakukan sepenuh hati agar tidak menjadi beban hidup dan kita pun lebih enjoy dalam melakukannya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi hidup kita.

Setelah Pak Heri selesai memberikan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan saat sesi pertanyaan, Pak Heri meninggalkan ruangan serbaguna. Karena masih terdapat sisa waktu dan pemateri kedua belum selesai memberikan materi di ruangan auditorium, maka untuk mengisi kekosongan waktu, Kak Haedar mengisi acara dengan games “Simon Says”. Dan jika terdapat salah satu orang yang tidak mengikuti perintahnya, maka akan dihukum menyanyikan yel-yel kelompok bersama kelompoknya. Dan seteah pemateri kedua telah siap, Kak Haedar menyudahi acara games dan melanjutkan acara yaitu pemberian materi tentang komunikasi oleh Ibu Sri Hariani Eko Wulandari. Dalam materinya, Bu Sri menjelaskan bahwa tata cara berkomunikasi yang baik sangat mempengaruhi prospek kita ke depan, baik untuk dunia kerja maupun dunia bermasyarakat. Ada beberapa kunci menuju suksesdi era kompetitif, yaitu :

Menurut beliau, komunikasi sangatlah penting. Ini dibuktikan dengan banyaknya kasus-kasus yang disebabkan oleh kesalahan berkomunikasi, salah satu contohnya adalah Ibu Prita yang berkomentar melalui blognya tentang Rumah Sakit yang tidak memberikan pelayanan terhadap anaknya yang sakit. Itulah mengapa diperlukan adanya pendalaman tentang komunikasi. Komunikasi adalah proses menjadijan informasi atau pesan menjadi sebuah pengertian bersama antara komunikator dan komunikan. Komponen komunikasi terdiri dari :

  1. Ide atau gagasan
  2. Komunikator
  3. Penerima atau komunikan
  4. Pesan yang jelas
  5. Media yang tepat
  6. Strategi yang sesuai
  7. Memberi presepsi yang seragam
  8. Pancaindra komunikan harus baik

Komunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Komunikasi Perorangan (Interpersonal Comunication) : Komunikasi yang dilakukan oleh 1 orang kepada orang lain atau disebut komunikasi tatap muka langsung. Kelebihan dari komunikasi ini adalah pesan yang disampaikan langsung kepada penerima tanpa melalui perantara.
  2. Komunikasi kelompok : Komunikasi yang dilakukan 1 orang kepada sekumpulan orang atau khalayak. Kelebihan komunikasi ini adalah pesan informasi mengenai banyak orang dan lebih efisien.

Itulah materi-materi  yang disampaikan oleh Pak Heri dan Bu Sri pada hari sabtu ini. Setelah acara pemberian materi selesai, para ketua kelompok diwajibkan berkumpul di depan kemahasiswaan untuk menerima oleh-oleh dari STIKOM berupa tas laptop yang fungsinya wajib digunakan saat acara sabtuan atau PERISAN. Setelah selesai, acara sabtuan pun berakhir dan dibubarkan oleh ketua panitia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s